Rabu, 14 September 2016

MarSurf PS1

Gambar 1. Unit Mahrsurf PS1 (https://www.mahr.com) 

Baiklah pada kali ini. Admin akan mencoba menjelaskan salah satu produk mahr. yaitu mahrs Surf. Marsurf PS1 adalah salah satu produk mahr yang berfungsi sebagai alat ukur kerataan permukaan. Admin sendiri mendapat pelatihan tentang produk tersebut dari Mr Billy Hong selaku S.E.A Sales Manger Mahr Malaysia.

Pada kamis, 8 September Mr Billy hong berkunjung ke kantor kami PT Precise Tool and Machinery Indonesia yang berada di E50 Bizpoint,Cikupa, Tangerang. Beliau menjelaskan beberapa produk mahr, yaitu Marsurf PS1, Digimar 816 CL, dan Marsurf XC2. Namun karena waktu yang terbatas. Beliau tidak sempat menjelaskan Marsurf XC 2.

Berikut akan, admin mencoba menjelaskan kembali penjelasan yang admin tanggkap dari penjelasan Mr Billy. Diawal Penjelasan dia menjelaskan keuntungan-keuntungan produk seperti berikut. Yaitu:

1.  Marsurf adalah alat ukur permukaan portable yang mudah digunakan

2. Bisa melakukan 500 kali pengukuran tanpa perlu dicas, tapi dia juga menjelaskan selayaknya batrai hp atau batrai apa pun yang bisa dicas. batrai memiliki sekian ribu kali dicas. Maka penting untuk batrai marsurf pun sebaiknya dicas ketika batrainya sudah dibawah 20%. Bila dicas ketika masih 70-90% maka tentunya batrai akan cepat aus atau rusak.

3. Bisa mengukur pada berbagai posisi baik horizontal, vertikal, upside down, atau posisi lainnya.

Gambar 2. Keuntungan Mahrsurf PS 1 (http://www.lighttoolsupply.com)

Selanjutnya dia menjelaskan komponen-komponen yang ada pada satu set unit marsurf ps1 (satu gift box/kardus), yaitu sebagai berikut :

1. satu unit Marsurf  PS1
2. 1 standar probe
3. baterai yang sudah built in pada unit marsurf ps1
4. Proteksi probe
5. Casan Marsurf PS 1
6. USB kabel
7. Tas pinggang mahrsurf ps1
8. Sertifikat kalibrasi mahr dan buku petunjuk

Kemudian dia menjelaskan cara penggunaan mahrsurf ps1 tersebut , beserta penjelasan masing-masing menunya sebagai berikut :

1. Pasang probe dan proteksi probe pada bagian atas unit marsurf ps1.

2. Nyalakan marsurf ps1 dengan cara geser power switch yang berada dibawah unit.

3. Masuk Main menu dengan menekan dan menahan push button berwarna hijau yang ada disamping unit dan  tombol Lc.

4. Untuk melihat bagian-bagian pada main menu cukup dengan menekan tombol Ra atau Rz.

5. Masuk ke dalam sub menu dengan menekan  Lc, merubah dengan Lc, keluar dari sub menu dengan menekan F1.

6. Pada Main Menu terdapat:
a. Measuring Condition. Untuk menetukan kondisi-kondisi pengukuran, seperti jumlah n. N adalah Lc, yaitu lamda c, bagian panjang gelombang. setingan normal n=5. tapi bila permukaan sangat pendek maka n bisa dirubah menjadi 3 atau 4.
b. Record Content, adalah settingan untuk merekam hasil pengukuran, seperti autoprinting, menampilkan Ra, Rz, dan R Max.
c. tolerance limit, untuk menentukan toleransi OK  atau NG pada hasil pengukurannya. Bila NG maka pada record printing akan berwarna merah dan bila Ok akan berwarna hijau. 
d. Basic Setting, seperti bahasa, satuan, standar iso atau ansi atau din atau jis, timeout, dan blocking, F1 menunjukan Rmax atau Rz, Nomor Kode password unit, persentase isi batrai, Tipe probe, kalibrasi Rz, Core Value, transverse, tanggal, dan jam.
e. Profile.  yang berisi save profile, load profile, delete profile.delete measurement, format. save
f. Result.  yang berisi save result, delete result.

Gambar 3. Hasil Print Pengukuran (http://www.ebay.com)

7. Selanjutnya untuk melakukan pengukuran. Keluar dari submenu dan main menu dengan menekan escape 2x atau F1 2 kali.

8. Pada saat akan mengukur kita harus menentuka Ltnya dengan menekan tombol Lt, hal ini untuk menetukan ukuran yang akan kita pakai. apakah kita akan mengukur benda yang halus atau kasar. bila kita tidak tahu maka kita bisa memakai mode otomatisnya. agar unit menetukan sendiri. Bila kita sudah mengetahui kira-kira bendanya halus atau kasar. kita bisa mengunaka Lt 1,7 untuk yang halus dan Lt 5,6 untuk yang kasar.

9. Selanjutnya lakukan pengukuran dengan menepelkan probe ke benda yang akan diukur. Kemudian tekan tombol hijau disamping unit. 

Demikian penjelasan yang bisa saya jelaskan ulang dari penjelasan Mr Billy. Bila ada kesalahan dalam konten atau konteksnya. kritik dan saran yang membangun sangat penulis harapkan.

1 komentar: