Senin, 11 September 2023

Catatan Video Youtube Salim A Fillah. Keris, Antara Mistis dan Romantis?

    Kembali lagi nonton video youtube Salim A Fillah. Impresi saya ketika mendengar pemaparan beliau tentang sejarah nusantara memang selalu merasa mendapatkan impresi yang sangat keren dan menggugah semangat untuk selalu berkarya dan meneruskan perjuangan orang-orang terdahulu. 
    Awal cerita ustadz Salim tentang keris memang mencoba memperlihatkan secara langsung keris-keris pusaka yang dirawat dan menjadi koleksi beliau di museumnya. 
     Disebelah beliau juga Ustadz Faizar yang sudah terkenal di bidang Ruqyah di salah satu acara televisi di Trans 7. Sempat dipegang juga kerisnya oleh usatdz faizar. Dan keris tersebut memang tidak ada jinnya. 
    Pemberian nama pada keris-keris juga berdasarkan kebiasaan Nabi Muhammad yang terbiasa menamai benda-benda dan binatang-bintang yang beiau gunakan sehari-sehari. Sehingga kita pun bisa membaca dalam sejarah-sejarah Nabi. Beliau menamai Unta yang ditunggainya ketika hijrah ke Madinah. Menamai pedang-pedangnya. Hal itu dilakuka sebagai bentuk cinta dan kasih beliau kepada semua mahluk ciptaan Allah. Sehingga kita bisa lebih menghargai semua mahluk ciptaan Allah.
    Jadi dari zaman Majapahit yang terkenal dengan pusaka-pusaka kerisnya pun. Keris-keris yang dibuat adalah keris berkualitas yang didapat dari besi berkualitas dari khurasan dan diproses dengan oleh orang-orang ahli di bidang tersebut. Yaitu empu-empu pembuat keris yang ahlinya ahli. karena dibuat oleh orang profesional di bidang senjata pada masanya. yang bisa disetara kan empu tahun 1000an masehi pada zaman kerjaaan majapahit setara dengan ahli nuklir di masa ini.
     Karena penggambaran seorang empu pada saat itu pun. memiliki sekitar 500 personel prajurit yang bisa dimobilisasi. Seorang empu pusaka kerajaan bisa memiliki 8 empu ahli dan ratusan empu lainnya dibawah pengawasannya. 
    Maka berkaitan dengan sejarah pun. Pusaka dari majapahit sempat berpindah dari majapahit ke kesultanan demak ditahun 1500an. dan pindah lagi ke kesultanan mataran di tahun 1600an.    
    Keunikan keris pun bermacam-macam mulai dari kakyu, lekukan keris, hiasan, serta tempat kerisnya. Bisa dilihat pada gambar berikut. Dimana tiap lekukan dan hiasan memiliki arti dan filosofi. semua djelaskan dan diceritakan oleh ustadz salim di channel youtube beliau. kurang lebih selama 1,5 jam. Allahdulillah bisa nonton sktr 1 jaman. semoga Spoiler ini bisa mewakili sedikit penjelasannya. 


     Mau lebih lanjut dan jelas cerita tentang kerisnya. Silahkan tonton lebih lanjut di youtube ustadz Salim A Fillah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar