Selasa, 19 September 2023

Instalasi Mesin Fiber Laser Cutting Kombinasi Potong Pipa dan Lembaran Besi

   

    Kebetulan hari ini customer yang tahun lalu beli mesin laser cutting kombinasi ada tanya lagi tentang parameter yang dipakai untuk cutting pipa. Apakah bisa sama menggunkan parameter untuk cutting lembaran. Jawaban dari saya, secara logis, tentunya perlu penyesuaian. Karena bila yang dipotong Pipa Holo. Tentunya ketebalan pada sudut-sudut radiusnya lebih tebal dibanding ketebalan dibagian yang flatnya. Maka dari parameter potongan lembaran di cypcut perlu disesuaikan lagi speed dan fokusnya di parameter potongan tubepronya.
     
    Flash Back ke tahun lalu di tahun 2022. Ketika pertama kali instal mesin kombinasi ini dengan area kerja lembarannya 8 x 2,5 meter ditambah dengan rotarinya 6 x 2 meter. maka total mesin menjadi sekitar 8 x 6. Merupakan pengalaman pertama saya instal mesin yang cukup besar ini. Sebelumnya memang saya hanya instal mesin standar ukuran 3 x 1,5 meter saja tanpa kombinasi pemotong pipa.

    Saya pun berusahaa mempersiapkan instalasi mesinnya sebaik mungkin yang saya bisa. Saya minta cek lokasi tempat mesin akan disimpan. jalur masuk mesin dan persiapan alat-alat tambahan untuk keperluan mesin seperti regulator oksigen  kapasitas 10 bar dan regulator nitrogen kapasitas 25 bar. 











    Tetapi ketika datang mesin dengan memakai 2 mobil truk low bed. Terjadi banyak kendala ketika akan memasukan mesin ke workshop. Meski sudah berkordinasi dengan pihak supplier mesin di China. Tetapi ada sesuatu hal yang terlewat tentang dimensi ukuran mesin. Dimana ternyata X axis sudah terpasang dari China. Sehingga dimensi mesin sudah menjadi 8 x 6 meteran. Sedangkan ukuran Gerbang workshop Hanya 5 meter lebarnya. 

    




    Akhirnya. Perlu dilalukan pembobokan pintu gerbang yang memakan waktu sekitar 2 harian. Ditambah ada kerusakan cover body panel dan mesin karena proses pengiriman karena tidak menggunkan kontainer. Ditambah air hujan yang masuk ke rel linear yang menyebabkan karat. karena mesin hanya di packing dengan plastik vakum dan terpal. Dimana karena pengiriman mudah sobek dan air hujan masuk. 







    Kurang lebih itulah kendala yang saya hadapi ketika instalasi mesin dengan ukuran besar ditambah kombinasi untuk potong pipa juga. 

    Sedikit demi sedikit masalah pun coba kami perbaiki. Perbaiki menghilangkan karak dengan scrot brite dan autosol. Kemudiaan body penyok dibawa ke ketok magic.dan intalasi pun bisa dilanjut dan selesai serta akhirnya bisa ditraining ke customer dan selesai serah terima mesin. 













    Dari awal mesin datang, sampai selesai training memakan waktu sekitar 2 mingguan kurang lebih. Waktu yang cukup lama untuk instalasi sebuah mesin. Tetapi memakan waktu yang diperlukan karena terdapat banyak kendala.

    Ditambah dalam perjalannya. ternya linear block atau bearing bambu x axisnya akhirnya rusak. karena berkat dari dalam. Linear blok diganti, tapi selang oli tertarik-tarik dan bocor di dalam head. Kabel didalam head sempat terbakar. Sebelum akhirnya bisa diperbaiki kembali oleh saya.










    Saya pun memang tidak terlalu mengerti tentang kelistrikan dan sebenarnya kurang suka dengan pekerjaan menarik kabel dan menyambung-nyambung kabel. Tetapi tuntutan pekerjaan menuntut saya untuk bisa dan mampu melaksanakan pekerjaan tersebut. Oleh karenanya. Saya pun berusaha belajar dan berlatih untuk pekerjaan tersebut. 













    Selesai masalah kabel breaker dan sensos limit z axis yang terbakar. Sensor Limit switch Z axis pun Error. karena limit swtich tidak tersentuh besi tapi selalu ON. Saya kira ada hubungannya dengan kabel yang terbakar. Ternya tidak Karena selang beberapa lama pun. Hampir semua limit switch rusak sperti itu. Hal yang mungkin untuk penyebabnya bisa dari sensor tesebut yang kualitasnya buruk atau bisa jadi karena terkena air hujan karena pengiriman. 











    Selebihnya setelah 10 bulan mesin di Instal. Mesin bisa digunkan dengan baik. Memang mesin masih dalam masa garansi dan banyak masalahnya. menjadi beban tersendiri untuk saya. Karena bos pun merasa keberaatan dan rugi. Bila harus banyak biaya transport dan ganti part untuk perbaikan mesinnya. Semoga mesinnya lancar dalam produksi dan cepat selesai garansinya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar