Selasa, 19 September 2023

YAG Laser Welding Repair Mold oh Laser Welding

    Cerita bermula di agustus tahun 2022. Ketika itu mesin stok sejak tahun 2021an. akhirnya terjual ke customer di daerah cikarang.
    Saat itu. yang menerima mesin juga seorang mantan teknisi mesin laser welding repair mold yang sekaarang sudah menjadi pemilik workshop tersebut. Meski akhirnya sudah dijual juga ke orang chia indonesia workshopnya Sempat bantu tarik kabel input power juga. Dan tidak perlu banyak training dan pengarahan perawatannya.
    Namun masalah bermula di januari 2023. Tiba-tiba power lasernya infonya lemah. Setelah cek ternyata air chiller tidak pernah diganti dan menggunakan air minum isi ulang. sehingga endapan airnya pun menghalangi cahaya dari flash lamp.
    Akhirnya diperlukan pemberishan bagian kotak flash lamp dan kristalnya. serta pergantian flash lamp.
dan mantann teknisi itu juga sudah keluar. jadi tidak ada yang melakukan perawatan mesin.
Untuk lebih mudah memahami alur cerita berikut, saya utaran poin-poin dan kronologis masalah-masalah mesin tersebut :

1. Agustus 2022
    Mesin Laser Welding Repair Mold Di Instal Di workshop Customer Cikarang
2. Januari 2023
   Lensa protective pecah dan lampu led mikroskop terbakar. Analisa penybab          karena pengunaan                 ampere besar. Ganti lensa dan dan lampu led           mikroskop.
3. Februari 2023
    Air Chiller kotor dan ada endapan tanah di dalam box flash lamp dan kristal           karena air chiller                menggunakan isi ulang dan tidak pernah diganti.
4. Maret 2023
    Alarm shimmer 2 failure. Dicek ternyata flash lamp patah. Ganti flash lamp         lagi.
5. April 2023
    Alarm Shimmer 1 failure. Dicek Power supply control board flash lamp 1 rusak,     Ganti power supply board. import dari china. dan diganti oleh rekan supplier       lain. karena saya sedang masa pemulihan setelah operasi kaki kiri yang terkena     inpeksi.
6. Mei 2023
   Tembakan laser selalu ampere tinggi. Di cek rekanan. ketuker kabel plus flas         lamp 1 ke plus flash lamp2. perbaiki kabel. Ok
7. Juli 2023
    Chiller tidak mau dingin. Freon Berkurang/bocor. Tambah freon. Hasil Ok
8. September 2023
    Terminal input power 3 phasa terbakar. Kelebihan beban karena chiller masalah   ditambah exhaust tambahan yang dipasang customer. Perbaikan diganti terminal     dan lepas tambahan kabel exhaust. Hasil tembakan laser masih lemah. Cek         fokus tidak ketemu-ketemu. cek lensa ternyta lensa gores karena skun kabel     flash lamp tertembak dan lem menempel di lensa. Minta tolong rekanan              supplier lain untuk ganti lensa dekat flash lamp. karena tidak ada stok dan         sudah tidak garansi. Hasil masih harus cross cek yang pasang.

    Kurang lebih itulah masalah-masalh yang muncul di mesin laser welding YAG repair mold. yang memang tidak diharapkan dan tetap terjadi karena sudah takdir Allah dengan perantara kesalaha-kesalahan customer atau pun kami sebagai supplier yang terlalu perccaya kemampuan customer. 
    Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Dan bisa lebih baik lagi dalam membantu hal teknis kepad customer
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar