Selasa, 19 September 2023

Instasi Mesin Laser Cutting CO2 1390

    Seperti terlihat di Foto asli mesin yang saya instal. Kurang lebih tidak terasasudah sebulan lalu mesin selesai di Instal di sebuah workshop jasa potong akrilik untuk timbangan mengunakan akrilik bening 5 mm dan 10 mm. 
    Sebenanya ini adalah pengalaman pertama saya  menginstal mesin ini. Jadi ketika customer ingin trial mesin d hari jumat. Saya kira hanya trial biasa saja dulu. Tanpa proses mesin langsung dikirim dan diinstal di workshop customer. Untungnya workshop customer dekat dengan gudang kami sehingga. Proses pengiriman pun berlangsung cepat.
    Meski pada awal trial ada beberapa kendala untuk cutting akrilik 10 mm. Dimana hasil potongannya agak miring. Saya juga sempat bingung dan tidak tahu kenapa bisa seperti itu. Customer pun inisiatif untuk meluruskan head dengan menggeser baut L yang d clamp headnya. Hasilny atetap tidak lurus.



    Akhirnya saya coba saya kalibrasi cermin yang menuju ke head dan dheadnya juga. akhirnya hasil potongan akrilik 10 mm menjadi bagus. Dan mesin langsng dikirim ke workshop customer karena customer 
    Sore hari di hari jumat mesin sudah sampai di workshop customer. Area mesin belum siap karena masih banyak material akrilik lembaran di tumpuk di tempat jalur masuk dan tempat posisi mesinnya. Akhirnya pun perlu menunggu dulu sekitar sejam. Selanjutnya mesin bisa masuk. Diproses instal. Sekitar jam 8 instalasi pun selesai.  Ketika ditest potong. MCB pun ke trip yang di pabrik. Karena MCB dan kabel masih dibagi ke mesin yang lama. 

    Akhirnya pun training tidak bisa dilanjut. Karena perlu narik kabel baru dan buat MCB baru untuk mesin yang baru.
    
    Keesokan harinya Instalasi selesai sekitar jam 3 an sore. Karena perlu perbaiki colokan kabel ektensinya yang ternyata kurang  kuat untuk mengalirkan listrik 3000 watt sekitar 12 ampere untuk mesin dan accesoriesnya. 




    Selesai instal pun. Di hari senin dan rabu. masih ada malah di leveling mejanya. Akhirnya meja pun dileveling kembali. Dan mesin bisa dioperasikan dan menghasilkan potongan produk yang baik.

    Namun ada kendala lagi di adapter colokan-colokannya.  yang terbakar karena kendornya. akhirnya kepala  kabel colokannya saja yang diganti kepala colokan indonesia tanpa menggunakan adapater. 

Sekian sharing kali ini. Semoga bisa diambil pelajaran dan hikmahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar