Rabu, 13 September 2023

Group FB CNC Fiber Laser Cutting Ninja

    Sudah beberapa hari, Dari awal bulan ini. Saya mulai aktif menjwab di grup FB CNC Fiber Cutting Ninja. Karena mulai awal Bulan ini. Saya mulai membuat Goal dan To Do list yang harus saya lakukan.
    Salah satu list pekerjaan saya adalah support technical minimal 2 kali sehari. Artinya dalam sehari minimal saya harus membantu dan mencari solusi untuk masalah teknis di Mesin laser.
    Idealnya memang seharusnya yang mengetahui dulu dengan pasti bagaimana sistem mekatronika dari mesin laser. Tetapi menunggu ideal itu merupakan hal yang sulit. Kenyataannya saya hanya mendapatkan Pengenalan komponen hardware dan software mesin laser cutting di tahun 2017 atau 2018 lalu. dan cara pengoperasian mesin tersebut. Dimana dari training tersebut, saya juga belum benar-benar mengerti cara pengunaan dan sistem kerja dari hardware dan software di mesin.
    Barulah ketika tahun 2019, saya menjadi kepala workshop di perusahaan pabrikasi jembatan dan halte. Dimana saat itu saya merangkap jadi operator mesin laser sendiri. Barulah saya mengerti alur proses kerja mesin laser, setting parameter, perawatan, dan masalah di mesin laser. 
    Tahun 2020-2021, lebih banyak pekerjaan di sales. Karena waktu itu zaman corona. Hanya sekali instal mesin di desember 2020. Barulah di tahun 2022-2023 sempat instal mesin 4 kali. dengan satu mesin diantarannya adalah mesin kombinasi potong pipa dan potong lembaran besi.
    Maka di September 2023 inilah saya mulai buka grup-grup FB laser cutting lagi. Untuk sekedar sharing dan belajar lagi semua macam merk mesin laser cutting. Diantara Grup FB mesin laser yang aktif. Saya lebih banyak lihat postingan di grup CNC Fiber Laser Cutting Ninja, dimana yang posting di grup itu. Kebanyakan adalah operator dan pemilik mesin laser cutting fiber dengan berbagai macam merek. Mulai yang eropa Trumph, jepangnya Amada, sampai cinanya HSG, Bodor, Gweike, Oree, dan lain-lain.
    Pada grup tersebut saya lihat orang aktif bertanya dan menjawab pertanyaan atau postingan yang anggotanya buat. Jadi hampir tiap hari saya bisa melihat masalah-masalah di mesin laser dan solusi-solsinya. Semoga menjadi ilmu dan bekal saya juga. Karena memang tugas pokok dan fungsi saya di bagian teknisi perusahaan saya saat ini lebih kepada Support hal-hal teknis seperti itu.
    Postingan terakhir yang saya baca antara lain. Ada yang menanyakan Proses pemotang pipa besi di mesin tube pipe fiber laser cutting. Kalau tidak salah namanya Pak Bogdan dari Rumania. Dia juga masih bingung pilih merek HSG atau Oree. Maka saya pun mencoba menjeskan dan sharing tentang penggunan mesin tersebut dan software yang digunakan. Karena saya pernah Instal mesin Laser cuting Fiber kombinasi Pipa dengan merk Chanxan.
    Karena ini merupakan peluang penjualan juga. Maka saya pun memncoba menanyakan kepda atasan langsung saya Mr Alan tekait kemungkinan untuk penjualan kami ke eropa. akan tetapi didapat jawaban. Kita fokus saja pada Market Indonesia. Akhirnya peluang penjualan itu pun saya infokan saja ke Sales chanxan di China.
    Hari ini ada juga yang menanyakan hasil cuttinganya kalau pakai gas oxygen selalu jelek pas di tenga-tengah potongan. Sampai dia bongkar itu headnya dan dicek semua lensa fokus dan kolimatornya. Tetapi ada yang jawab, kalau masalahnya karena pas pakai gas oxygen aja. Ya coba diceklah selenoid valve dan elektronik proportional regulatornya. Bisa jadi masalahnya dari situ Karena tiba-tiba valve menutup atau proporsional valvenya gk stabil.
     Kebetulan saya juga, baru dapat masalah gas bocor keluar terus dari Nozzle pas pakai oxygen. Setelah dicek ternyata memang didalam selenoid valvenya kotor. dan seal penutupnya tidak menutup sempurna ketika Off. 
     Kurang lebih, sekian dulu tentang perkenalan grup FB CNC Fiber Cutting Ninjanya.  Meski memang udah gk zamannya sekarang FB.Tapi karena masih ada. dan  sekarang  lumayan buat dapet manfaat Ilmu dan traffic. Jadi yaudah. pakai aja dulu. Sebelum entah kpn. Mungkin bakal dioff dan dhapus juga FB.
    Kadang liat-liat foto jadul tahun 2008-2010. gk kerasa itu udah 10-15 tahun lalu. Waktu berlalu begitu cepat. Semoga saya bisa lebih memberi makna dan arti di tiap wkatu kehidupan yang saya jalani. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar