Kamis, 07 September 2023

My Job Experience part 1

    Ada ide untuk buat artikel ini, karena ada pikiran aja buat sekedar cerita tentang pengalaman kerja selama ini. Karena vakum gak pernah nulis di blog ini. Kebetulan di tahun 2019. Sempat pindah kerja di perusahaan dagang mesin yang lain. 
    Yang baru berdiri. dan memang ownernya belum solid. perusahannya belum lama. Tetap ownernya mantan manajer-manajer di perusahaan penjual mesin dan kebutuhan industri yang sudah besar.
    Jadilah perusahaan baru dengan ekpekttasi tinggi karyawan-karyawannya seperti karyawan yang sudah profesional dan ahli dibidangnya.
    Maksud hati ingin nyaman dan sama-sama berkembang di perusahaan baru ini. Yang ada hanyalah tekanan demi tekanan kerja. yang pada akhirnya hanya berakhir di masa percobaan yang tidak lulus masa percobaan.
    Ya, itulah peajaran berharga pertama kali tidak lolos masa percobaan. Jadi, dimana ada masa percobaan. Di sana lah, mencari masa kecocokan. antara perusahaan da pekerja. Dimana, ketika perusahaan atau atasan langsung kita merasa tidak cocok karena skill atau karakter pribadi kita. Perusahaan bisa tidak meluluskan kita dalam masa percobaan.
    Begitu pun sebaliknya, ketika kita merasa tidak cocok dengan ritme kerja, tekanan kerja, target kerja, maupun budaya dan lingkungan kerja. Kita pun bisa memutuskan untuk tidak melanjutkan pekerjaan di perusahaan tersebut. Tentu dengan resiko tidak bekerja, kerja di tempat lain, maupun memulai usaha sendiri. 
    Saya pun sekarang berusaha realistis, serta berdamai dengan semua keadaan yang ada pada realita hidup saya. Apa pun yang harus terjadi. Maka terjadilah. Yang jelas  apa yang sudah terjadi memang sudah takdir Allah. Tugas kita hanya perlu berusaha sebaik mungkin. Agar hasilnya pun bisa sebaik mungkin.
    Secara singkat dan jujur mungkin timeline berikut bisa menjelaskan pengalaman kerja saya dari tahun 2019 sampai tahun 2022 dan saat ini. 

1. 2019 Februari - 2019 Agustus (6 bulan)
    Teknisi dan Sales Perusahaan Dagang Mesin di Gading Serpong-Tangerang.

2. 2019 September- 2019 Oktober ( 1 bulan)
    Sales Perusahaan Dagang Mesin di Glodok-Jakarta

3. 2019 Oktober - 2020 Februari (4 bulan)
    Kepala Workshop Perusahaan Pabrikasi Halte dan Jembatan di Cisauk-Tangerang.

4. 2020 Februari - 2021 Juli (1,5 tahun)
    Teknisi dan Sales Perusahaan Dagang Mesin di Benda, Jurumudi-Tangerang.

5. 2021 Agustus - 2021 September ( 2 Bulan)
    Sales Perusahaan Dagang Mesin di Poris -Tangerang

6. 2021 Oktober- 2022 Februari (4 Bulan)
    Staff MTC Engineering Perusahaan Manufaktur Pintu Kayu di Bojong- Tangerang.

7. 2022 Maret - 2023 September Saat Ini (1,5 tahun)
    Teknisi Perusahaan Dagang Mesin di Cikupa-Tangerang.

    Kurang lebih selama 4 tahun ini. sudah pernah pindah kerja sekitar 7 perusahaan. Bukan catatan karir yang bagus memang. Tetapi inilah kenyataan dan realita yang saya alami. Saya pun harus belajar banyak dari pengalaman-pengalaman kerja saya tersebut.
    Catatan yang ada pun. Saya harus jujur tidak mendapatkan prestasi dan peningkatan karir. kalau gaji pun. otomatis naik turun dan hanya ada d range antara 4-6 juta. 
    Sebuah catatan masa lalu yang memang sudah saya tuliskan. untuk menjadi pelajaran dan perbaikan di masa yang akan datang.
    Terdengar vulgar dan polos memang catatan ini. tapi menurut saya ini perlu saya tuliskandengan jujur. Agar saya sendiri pun tahu dimana posisi saya saat ini. Sehingga saya bisa menentutkan arah, goal dan tujuan saya ke depannya dalam berkarir dan berwirausaha. 
    Karena tidak mungkin kita bisa mengarah kepada tujuan kita inginkan. Bila kita tidak menetahui dimana posisi kita sekarang. sperti halnya google map. untuk menuju tujuan pun. kita harus menentukan lokasi kita saat ini dimana.

See you in second part 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar